Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

0

Air hujan yang mengandung garam yang dapat merusak permukaan cat mobil, bila didiamkan terlalu lama dapat membuat permukaan mobil berkarat

Musim hujan, musim yang menyenangkan dingin dan segar, tapi harus diwaspadai bagi para pengendara dan pemilik mobil. Karena perawatan ekstra harus diberikan untuk mobil kesayangan kita. Ada berbagai macam perawatan yang harus kita lakukan untuk menjaga keadaan mobil supaya tetap baik pada musim hujan.

Mengingat musim hujan merupakan musim dimana mobil lebih bisa cepat rusak. Air hujan yang mengandung garam yang dapat merusak permukaan cat mobil, bila didiamkan terlalu lama dapat membuat permukaan mobil berkarat dan dan juga body mobil kan lebih cepat kotor. Nah, untuk mencegahnya, berikut tips jitu merawat mobil saat musim hujan:

1. Jangan Biarkan Air Hujan Mengering

Saat mobilmu kehujanan dan basah kuyup, jangan membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya. Cepat cuci mobilmu, hilangkan air hujan yang diam-diam bisa merusak cat dan lapisan mobilmu. Gunakan sabun pencuci mobil dan juga spons yang halus dan bilaslah dengan air hingga bersih.

b415144a1ee4820146683d0860fbb1a77d5728462. Periksa Bagian Komponen Mesin Mobil

Banyak orang setelah mobilnya kehujanan, hanya akan mengelap dan memeriksa bagian luar dari mobil saja. Tapi cobalah periksa bagian mesin mobilmu. Karena air adalah benda cair yang akan sangat mudah masuk melalui celah sekecil apapun. Jadi kamu harus pastikan bahwa air tidak masuk ke dalam mesin dan membuat mobilmu mogok saat akan dikendarai lagi.

3. Semprotkan Silicon Spray

Mobil memiliki bagian-bagian karet dan kaca dari beberapa sisinya, dan jika karet dan kaca ini sering terkena air hujan dan kehujanan lalu kepanasan, maka bagian kaca dan karet itu akan mudah rusak. Maka sebaiknya secara berkala kamu bisa menyemprotkan cairan silicon untuk membuat bagian kaca dan karet lebih awet dan lentur.

61c8a3365663e2340358c37fb1841cf76898ad714. Tambahkan Karpet Untuk Mencegah Jamur

Saat musim hujan tiba, penumpang yang masuk ke dalam mobil akan sangat rawan dengan alas kaki yang basah, lalu membasahi lantai mobil dan akhirnya kotor lalu menjadi jamur di lantai mobil. Jadi tambahkan karpet untuk melapisi alas mobil, untuk menghindari lantai yang akan cepat kotor saat musim hujan dan juga jamur yang mudah tumbuh.

5. Letakkan Mobil Di Garasi Yang Aman dan Tertutup

Setelah mencuci mobil dan mengeringkannya. Saat musim hujan jangan lupa untuk segera memasukkan mobil ke dalam garasi yang tertutup, hal ini jelas untuk menghindarkan mobilmu dari air hujan yang sewaktu-waktu bisa mengotori kembali mobilmu.

Sekian tips cara perawatan singkat mobil di saat musim hujan tiba.

Inilah Penyebab Mobil Boros Bensin

0

Kendaraan yang sering digunakan bertahun-tahun menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan tiba-tiba meningkat. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya.

37mesinjazzProdusen mobil saat ini berlomba-lomba memproduksi kendaraan yang hemat konsumsi bensin. Hal itu didukung oleh tolak ukur konsumen yang cenderung membeli mobil dengan pertimbangan hemat konsumsi bensin.

Kendaraan yang sering digunakan secara terus menerus bertahun-tahun menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan tiba-tiba meningkat. Berikut ini beberapa faktor yang membuat masalah ini terjadi.

Kotornya Filter Udara

Kotornya filter udara menyebabkan terjadinya hambatan aliran udara yang kurang baik. Hal ini dapat menurunkan performa mobil kamu terutama di bagian pacu dan menimbulkan gejala ngelitik (knocking).

Ada Kerak di Ruang Mesin 

Selain kebersihan filter udara, kamu juga harus mengcek kerak yang terjadi di ruang mesin yang sulit sekali untuk dihindari. Adanya kerak dapat membuat volume ruang bahan bakar menjadi lebih kecil sehingga tenaga mesin yang dihasilkan akan semakin berkurang.

Tersumbatnya Lubang Nozzle Injektor 

Lubang nozzle injektor yang ada saat ini dibuat sangat kecil sehingga mudah tersumbat. Sehingga pembakaran dari bensin menjadi tidak sempurna dan dapat mengurangi efisiensi bensin mobil kamu.

Ausnya Piston dan Ring Piston

Bila piston dan ring piston terkikis maka kompresi kendaraan pasti berkurang. Sehingga berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun. Maka tarikan tenaga yang dihasilkan loyo dan bahan bakar menjadi cepat habis.

unduhan