Tips Mudah Membersihkan Jok Kulit dan Kain Mobil

0

Selain menjaga kebersihan exterior mobil kesayangan kalian, tentunya kita tak Bisa mengabaikan bagian interiornya juga.

Apalagi mobil keluarga biasanya hampir di anggap Bagaikan rumah kedua. Bagaimana tak, mungkin para pembaca Sempat atau bahkan sering mendapatkan hal ini, contoh Seandainya lagi di perjalanan kita biasanya singgah ke mini market untuk membeli cemilan untuk di konsumsi selama perjalanan. Apalagi Seandainya ada bayi yang selalu wajib di sediakan susu.

tips-membersihkan-jok-mobilSangat sering kita menyepelehkan hal berikut, namun jangan Disorientasi ternyata noda susu atau minuman kecuali air yaa! Itu akan merembes ke di jok dan nantinya akan menyebabkan bau tak sedap di karenakan terbentuknya zat asam. Lama kelamaan akan menimbulkan Fungi dan mengambil perhatian serangga-serangga menjijikkan masuk ke di mobil kalian (sebut aja Kecoa).

Nah untuk penanganannya wajib diperhatikan joknya dulu terbuat dari apa. di karenakan bahan yang berbeda memerlukan penanganan yang berbeda juga. Alat alat yang biasa dipakai sebenarnya sederhana aja dan mudah untuk diperoleh. Yaitu : sikat besar, sikat gigi (cari yang bekas dan sudah tak terpakai), kain serbet, kain putih, sprayer yang berisi sabun deterjen, vacuum cleaner, pengharum.

tips-membersihkan-interior-mobilUntuk Jok Kain yang sebagaimana kita ketahui bahwa jenis ini mempunyai sifat yang mudah menyerap air dan merembes sehingga menuntut kita untuk member penanganan yang Genjah. Sementara untuk Jok Kulit yang mempunyai sifat yang lebih lambat menyerap air maka penanganannya juga agak mudah. Seandainya selesai bepergian silahkan diperiksa dan dibersihkan. Namun jangan Disorientasi ya, jok kulit Seandainya sudah berjamur itu sangat merusak pemandangan dan susah banget dibersihkan.

Berikut tutorial eksekusinya, Seandainya ada tambahan di komen aja.

  • VacumĀ 

Pertama Yaitu pungut sampah yang berserakan di mobil kalian setelah itu bersihkan jok mobil memakai vacuum cleaner kalian.

  • Sprayer

Semprotkan air deterjen yang telah kalian siapkan tadi ke jok mobil. Sprayernya biasanya bekas botol spray rapika.

  • Sikat

Sikat jok mobil perlahan untuk untuk area yang sulit di jangkau apalagi, seandainya jok mobil model sofa sarankan memakai sikar gigi. Gosok hingga nodanya hilang.

  • Pengeringan

Seusai langkah di atas selesai maka wajib Genjah di keringkan. Hisap aja dengan penyedot debu. Bagaikan tambahan Seandainya ada pengering rambut yang biasanya banyak di miliki ibu-ibu lebih bagus lagi Seusai di vacuum langsung di blower dengan hair dryer.

  • Pengharum

Bagaikan penyempurna silahkan semprotkan pengharum supaya wangi dan segar

  • Epilog Jok

Gunakan Epilog jok untuk menghindari dari noda.dan sediakan kain lap di mobil supaya penanganannya Genjah.

Demikian Tips Membersihkan Jok Mobil kali ini. Semoga memberi manfaat yang senantiasa bermanfaat untuk para pembaca budiman sekalian.

Tips Merawat AC Mobil

0
tips-merawat-ac-mobil
Air Conditioning system atau AC merupakan salah satu komponen terpenting suatu kendaraan, dalam hal ini adalah mobil. Indonesia adalah salah satu negara beriklim tropis yang cenderung berhawa panas, terlebih saat ini temperature udara menunjukkan peningkatan. Terjebak di kemacetan di dalam mobil yang tidak berpendingin udara tentunya akan sangat menyiksa karena badan akan berkeringat dan stamina akan cepat terkuras. Seperti halnya komponen yang lain, AC mobil juga memerlukan perawatan untuk menjaga agar bekerja dengan baik. Dengan AC yang bekerja baik, tentunya pengendara juga akan merasa lebih nyaman meski terjebak di kemacetan.

tips-merawat-ac-mobilMerawat AC mobil sebenarnya tidaklah sulit. Namun hal itu sering kita anggap remeh karena kita berrpikir bahwa hal terpenting untuk selalu dijaga adalah bagian mesin dan kaki-kaki. Berikut adalah tips bagaimana merawat AC mobil sehingga dapat bekerja maksimal dan awet.

  1. Selalu menjaga kebersihan kabin, terutama dari debu dan kotoran. Karpet harus selalu kita bersihkan, terutama yang ada di bagian depan karena letaknya yang dekat dengan evaporator membuat debu dan kotoran dengan mudah terhisap yang akan membuat tumbuhnya jamur atau spora yang bisa mengganggu kesehatan. Selain itu, evaporator AC yang kotor bisa menimbulkan bau yang kurang sedap.

  2. Bersihkan kondensor AC yang letaknya di bawah kap mesin, dekat dengan radiator, saat kita mencuci mobil. Debu dan kotoran yang menempel di bagian kondensor akan mengeras jika tidak dibersihkan, hal itu akan membuat kondensor mudah keropos yang bisa menyebabkan kebocoran.

  3. Saat hendak memarkir mobil hendaknya kita mencari tempat yang teduh. Saat mobil terlalu lama terpapar sinar matahari, kabin akan panas dan AC akan bekerja keras untuk mendinginkannya sehingga beban pendinginan ikut tinggi.

  4. Ada baiknya secara rutin memeriksa extra fan. Jika kita menemukan extra fan tidak bekerja, maka sebaiknya segera diperbaiki karena hal itu akan kerusakan compressor atau yang paling fatal mengakibatkan selang high pressure pecah.

  5. Hindari merokok saat berada di dalam mobil. Asap rokok akan terhisap ke dalam evaporator. Dalam jangka waktu lama hal itu akan mengakibatkan terjadinya endapan yang di kemudian hari akan membuatnya rusak. Meskipun saat berkendara jendela di buka, tetapi hal itu tidak menolong karena tetap saja asap bisa terhisap masuk. Asap rokok juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin.

  6. Jangan menurunkan beban kerja AC dengan menurunkan temperaturnya saat mobil melaju dengan kecang.

  7. Saat berhenti, sebelum mesin mobil dimatikan, kelistrikan, termasuk AC sudah dimatikan terlebih dahulu, hal itu juga berlaku saat kita ingin menghidupkan mobil. Saat hendak menghidupkan AC, kita dianjurkan untuk menunggu hingga mesin stabil terlebih dahulu.

  8. Gunakan pengharum mobil yang memang sudah terbukti kualitasnya karena seringkali pengharum atau parfum yang kualitasnya kurang baik dapat menimbulkan endapan pada evaporator.

  9. Sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan AC, setidaknya setahun sekali. Ada beberapa komponen di dalam AC yang secara rutin harus diganti atau diperbaiki, seperti Freon, blower, compressor, evaporator, receiver dryer, dll.

  10. Saat kita menemukan AC di dalam mobil sudah tidak lagi bekerja maksimal, maka sebaiknya kita segera membawanya ke tukang service AC untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah yang tentunya akan menghabiskan lebih banyak biaya.

Halo dunia!

1

Selamat datang di Web Cabang Carfix. Ini adalah pos pertama Anda. Sunting atau hapus, kemudian mulai ngeblog!