Masuk Mobil Jangan Langsung Nyalain AC ya, Walaupun Mobilmu Sepanas Oven

0

Ini adalah hal penting yang nggak boleh kamu abaikan sebagai seorang pemilik mobil, ataupun orang yang numpang mobil temen. Emang sih, kota-kota di Indonesia saat ini panas banget, apalagi kalau udah musim kemarau. Masuk mobil berasa kayak masuk oven.

Eits, tapi kamu jangan langsung nyalain AC ya! Udara dari semprotan AC yang bercampur dengan udara dalam mobil yang ‘ngelekep’ bisa menimbulkan udara yang menyebabkan kanker loh kalau dihirup.

Mau naik mobil? OK silahkan, tapi buka dulu semua kaca, lalu nyalain AC selama beberapa menit, silahkan jalan, baru kemudian jendelanya ditutup setelah beberapa menit.

Menurut sebuah penelitian, radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok dan bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru, satu diantaranya adalah Benzena, racun penyebab kanker (karsinogen).

Selain menyebabkan kanker, Benzena juga bisa meracuni tulang-tulung tubuh kita, menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Kalau sering menghirupnya dalam jangka waktu yang lama.

Tips Asik Jalan-Jalan Naik Mobil Kesayangan

0

Akhir pekan selalu jadi saat-saat yang paling menyenangkan. Kedatangan hari Sabtu dan Minggu mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk ber-quality time bareng orang-orang tersayang. Roadtrip ke luar kota bisa jadi agenda yang menarik buat direalisasikan. Biar perjalanan makin sempurna dan menyenangkan tanpa suatu kendala, periksa dulu ya kondisi mobil Daihatsu kamu. Cek kembali beberapa hal di bawah ini supaya keselamatan selalu terjamin sampai tujuan.

rentalTekanan Ban

Para pengendara sejati pasti memahami pentingnya tekanan ban bagi kinerja mobil. Sebelum berangkat pastikan keempat ban Daihatsu kamu dalam keadaan maksimal. Jangan sampai terjadi kurangnya tekanan pada ban, karena hal tersebut dapat menyebabkan kinerja mesin makin berat. Akibatnya, bahan bakar bakal terkuras lebih cepat. Jadi, usahakan untuk rutin memeriksa dan mengisi tekanan ban sebelum mulai jalan-jalan dengan Daihatsu kesayangan.

Akselerasi Santai

Perjalanan akhir pekan harus benar-benar dinikmati. Berkemudi santai sembari menikmati obrolan hangat bersama kawan-kawan bakal jadi momen tak terlupakan. Jadi, sebaiknya hindari akselerasi dan pengereman yang berlebihan. Sangat disarankan untuk berkendara dengan kecepatan yang stabil agar performa mesin tetap terjaga.

Jaga Putaran Mesin

Jarum penunjuk RPM yang terletak di dekat speedometer bukanlah sebuah hiasan. Itu adalah penanda yang akan menunjukkan sampai mana kecepatan putaran mesin mobil. Sebagai catatan, mesin bertenaga bensin dapat bekerja lebih optimal pada putaran 2.500 sampai 3.500 rpm. Setiap kali berpindah gigi, atur supaya laju kendaraan tetap pada kisaran tersebut. Terlalu tinggi bakal bikin mobil boros, sementara terlalu rendah akan membuatnya kehilangan torsi.

Cara Menambah Kecepatan

Jika hendak memacu kendaraan pada kecepatan lebih tinggi, lakukan dengan cara yang halus. Saat meningkatkan kecepatan, injak pedal gas dengan lembut. Perlahan namun pasti, tingkatkan kecepatannya. Hal ini perlu diperhatikan demi menghemat penggunaan bahan bakar dan menjaga kenyamanan penumpang.

Cari Jalan Yang Lancar

Memperhatikan waktu keberangkatan juga penting lho. Misalnya, bila merencanakan untuk jalan-jalan ke luar kota atau daerah pegunungan, sebaiknya berangkat pagi hari. Hal ini penting demi menghindari kemacetan. Lalu ketika diharuskan melewati jalan yang kondisinya kurang baik, jangan pacu kendaraan pada kecepatan tinggi. Selain berbahaya, kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan ban lebih cepat mengalami aus.

Sudah menyusun rencan untuk rute jalan-jalan asik bersama mobil kesayangan? Selalu ingat untuk berhati-hati di jalan dan menghargai pengguna jalan lainnya. Selamat menikmati.