Cara Mengganti Air Radiator Mobil Avanza Dan Lainya

0

Sistem pendinginan memegang peranan yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Sistem pendinginan ini berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu kerja yakni sekitar 90 derajat celcius. Hasil pembakaran di dalam silinder akan menghasilkan panas. Nah air yang berada didalam sistem pendinginan berfungsi untuk mengambil panas tersebut dan membuangnya di udara. Apabila sistem pendinginan tidak berfungsi secara optimal, maka tentu dampaknya mesin akan mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Jika hal tersebut sampai terjadi, tentu saja akan berimbas pada rusaknya beberapa komponen mesin. Oleh sebab itu perawatan berkala pada sistem pendinginan perlu dilakukan salah satunya adalah mengganti air radiator mobil secara berkala.

20130828_pengecekanmesinpascalibur_2Cara mengganti air radiator mobil avanza atau mobil lainya sebenarnya cukup mudah karena tidak menggunakan peralatan khusus, jadi anda bisa melakukanya dirumah. Mungkin diantara anda pernah mengalami radiator yang mampet. Hal ini dipicu karena pada kisi-kisi radiator dipenuhi oleh endapan atau kotoran. Agar tidak terjadi demikian, sebaiknya kuras air radiator dan ganti dengan yang baru secara rutin. Apabila mobil anda kerap digunakan, sebaiknya lakukan setiap enam bulan sekali. Agar endapan-endapan pada radiator tersebut bisa hilang maka lakukan flushing radiator menggunakan produk-produk radiator flusher yang banyak dijual di pasaran. Beberapa produk yang biasa digunakan seperti merek dobelli, master, prestone dan lain sebagainya. Radiator flusher tersebut berguna untuk merontokan deposit yang menempel terutama di kisi-kisi radiator. Simak langkah-langakah cara mengganti air radiator mobil plus melakukan flushing berikut ini.
Cara Mengganti Air Radiator Mobil Avanza Dengan Benar
  1. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin. Siapkan air radiator baru (radiator coolant), radiator flusher, ember dan kunci untuk membuka baut tap.
  2. Buka tutup radiator yang terdapat di atas radiator lalu buang sedikit airnya dengan membuka baut pembuangan yang berada di bagian bawah. Buang air radiator kira-kira 200 sampai 300 ml saja.
  3. Kencangkan baut pembuangan tadi lalu tuangkan radiator flush melalui lubang masuk dibagian atas. Pasang tutup radiator dan hidupkan mesin kurang lebih 15 menit. Biarkan radiator flush bekerja untuk mengikis deposit yang ada di saluran pendingin.
  4. Apabila sudah, matikan mesin dan tunggu sampai mesin dingin. Buang seluruh air radiator dengan cara membuka baut pembuangan lagi. Jika sudah pasang kembali baut pembuangan tersebut.
  5. Tuangkan radiator coolant yang baru sampai penuh dan isi juga tabung reservoirnya.
  6. Hidupkan mesin lagi agar cairan pendingin bisa merata ke seluruh bagian. Apabila didapati volume radiator berkurang, isi lagi dengan radiator coolant sampai penuh.
  7. Agar tidak terdapat gelembung udara dalam sistem, buka tutup bleeding udara sampai coolant keluar.
Itulah cara mengganti air radiator mobil avanza atau lainya. Cukup mudah bukan? kini mobil anda sudah siap untuk digunakan baik untuk pergi ke kantor atau untuk menempuh perjalanan yang jauh tanpa khawatir mengalami overheat.

Tips untuk Menghemat Pengunaan Bahan Bakar

0

Agar bensin tidak menambah masalah keuangan, para pemilik mobil bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi penggunaan bahan bakar di mobil mereka sehingga pengeluaran lebih terkendali. Berkurangnya penggunaan bahan bakar juga bisa membantu mengurangi polusi udara dan pemanasan global. Ditengah semakin memburuknya cuaca akibat pemanasan global, sedikit bantuan saja sangat berarti bagi bumi. Oleh karena itu, perhatikanlah beberapa tips dibawah ini.

20150129_031912_irit_konsumsi_bbm-01
Cara terbaik mengurangi penggunaan bahan bakar tentunya adalah mengurangi penggunaan mobil. Gunakanlah mobil hanya untuk keperluan yang benar-benar penting saja. Jangan menggunakan mobil hanya untuk berputar-putar tanpa arah dan tujuan yang jelas. Berkendaralah langsung ke tujuan dan hindari kemacetan. Jika memungkinkan, gunakan satu mobil bersama-sama jika akan pergi ke tujuan yang sama. Jika tidak diperlukan, janganlah menyalakan mobil karena satu putaran kunci untuk menyalakan mobil juga akan membutuhkan bahan bakar sekitar setengah gelas.Jangan membiarkan mobil menyala terlalu lama dalam keadaan diam. Jika anda memiliki mobil dengan mesin modern, anda tidak perlu memanaskan mobil terlebih dahulu tetapi langsung gunakan mobil anda. Namun, hal ini tidak berlaku untuk mobil lama yang masih membutuhkan pemanasan mesin sebelum digunakan.

Semakin besar energi yang diperlukan mobil, semakin banyak bahan bakar yang digunakan. Jika anda berkendara dengan kecepatan tinggi, maka penggunaan bahan bakar akan tinggi pula. Biasakanlah untuk mengemudi dengan kecepatan yang lebih lambat dari biasanya. Selain lebih irit, mengemudi dengan lebih lambat akan lebih aman. Tentunya, kecepatan juga harus disesuaikan dengan keadaan, karena mengemudi di tol harus bisa mengikuti aturan batas minimum kecepatan.

tips-untuk-menghemat-pengunaan-bahan-bakar

Selain mengemudi dengan lebih lambat, anda juga harus menghilangkan kebiasaan meletakkan kaki di atas rem saat mobil berjalan. Beberapa orang sering meletakkan kaki ke rem walaupun tidak diperlukan dengan tujuan mempermudah kaki jika harus segera mengerem. Kaki yang diletakkan di atas rem bisa jadi memberikan tekanan sedikit kepada rem yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros karena energi yang digunakan besar namun kecepatan berkurang karena rem terinjak.

Kebiasaan lain yang harus dipelihara adalah mengemudi dengan halus. Usahakan untuk berkendara dengan kecepatan tetap. Jangan mengemudi dengan cepat di jalanan yang ramai sehingga menyebabkan harus sering mengerem. Disaat kendaraan di rem kemudian harus mempercepat kendaraan kembali akan diperlukan tenaga yang lebih besar. Saat berbelok pun harus dilakukan dengan halus.

Kadang kala, mobil tidak bisa dikemudikan dengan halus karena ban kekurangan angin atau kurangnya keseimbangan pada ban. Keadaan ini biasanya tidak terlalu disadari tetapi bisa berpengaruh pada penggunaan bahan bakar, Oleh karena itu, periksalah ban dan isi angin ban sampai dengan tekanan yang disarankan. Balancing dan spooring ban juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan ban sehingga mengemudi menjadi lebih mudah.

Kondisi penyaring angin pad mobil juga bisa mempengaruhi pengunaan bahan bakar. Penyaring angin yang kotor akan membuat mesin kurang bertenaga sehingga diperlukan bahan bakar yang lebih untuk mendapatkan kecepatan yang diinginkan. Oleh karena itu, pastikanlah penyaring udara mobil anda selalu dalam keadaan bersih.

Cara terakhir adalah dengan mengurangi beban di dalam mobil. Cobalah periksa bagasi dan bagian dalam mobil dengan seksama. Jika ada barang-barang yang tidak diperlukan, segera keluarkan barang-barang tersebut sehingga mobil menjadi lebih ringan dan diperlukan lebih sedikit tenaga untuk menggerakkannya. Jika ingin hemat bahan bakar, jangan jadikan mobil sebagai tempat penyimpanan barang.